Abstract
Penelitian ini diberi judul 'Kinerja Sekolah Dasai*
Negeri Ditinjau Dari Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah :
Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Dalam Daerah Kabupaten
Indragiri Hilir". Sampel penelitian adalah Tiga Sekolah
Dasar, masing-masing sekolah dikategorikan Type A, Type B,
dan Type C berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh SK
Dirjen Dikdasmen Depdikbud No.480/C/Kep/92 tgl 15-12-1992.
Temuan yang ingin dicari melalui studi ini adalah
sejauhmana profil kepemimpinan memberikan pengaruh kepada
kinerja sekolah dasar.
Rumusan permasalahan diuraikan dalam beberapa pertanyaan
mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi profil
kepemimpinan, kemampuan kepala sekolah dalam mengelola dan
menyelenggarakan pendidikan, kemampuan mengemban tugas dan
tanggung jawab kepala sekolah dalam tata laksana admi
nistrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan, pendayagunaan
sarana prasarana, dan hubungan sekolah-masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik
kualitatif yang pada hakekatnya ialah mengamati secara
langsung kepala sekolah (informan) sebagai sumber data
primer, dan guru-guru, pengawas/penilik sekolah sebagai
sumber data sekunder.
Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Agar memberikan kebermaknaan
terhadap data, dilakukan analisis dan interpretasi
secara kontinu yang merujuk kepada landasan teori.
Temuan yang diperoleh melalui penelitian ini, yaitu
tugas dan tanggung jawab yang berbentuk informasi kuanti
tatif (pencatatan, pengetikan, pengisian format) dan tugas
dan tanggung jawab yang berbentuk manajemen (penataan,
pengaturan, penilaian, komunikasi, kerjasama) dapat di
kategorikan "ada" dan "tidak ada", dan kategori ada dirinci
menjadi sub kategori "baik", "sedang", dan "kurang".
Realisasi tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam
tata laksana administrasi sekolah, pembinaan tenaga kepen
didikan, menciptakan/mendayagunakan sarana prasarana, dan
hubungan sekolah-masyarakat pada dasarnya bergantung
kepada tingkat pemahaman kepala sekolah dan dukungan
sumberdaya yang ada (tenaga kependidikan, dana, fasilitas/
sarana prasarana).
Implikasi penelitian ini melahirkan beberapa rekomendasi
terhadap (1) Kepala Sekolah sebagai pengelola
satuan pendidikan, (2) Pengawas/Penilik Sekolah sebagai
urusan kurikulum dan pengawasan terhadap pembelajaran, (3)
Pemerintah/ Dinas P dan K yang berwenang terhadap 3M's
yaitu : Man, Money, and Material.
Text
T_ADPEN_9332113_Title.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Abstract.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Table_Of_Content.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Chapter1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (2MB) |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Chapter3.pdf Download (815kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (3MB) |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Chapter5.pdf Download (480kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Bibliography.pdf Download (512kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEN_9332113_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (1MB) |
No comments:
Post a Comment