Abstract
Penelitian ini berjudul "Analisis Kebutuhan, Pengadaan
dan Pengembangan Kepala Sekolah Dasar Negeri di Propinsi
Daerah Istimewa Aceh". Judulnya juga merupakan mas
alah pokok penelitian. Penelitian ini diarahkan pada tiga
aspek utama yaitu aspek kebutuhan, pengadaan dan pengem -
bangan kepala sekolah dasar negeri. Aspek kebutuhan menca
kup kebutuhan secara kuantitatif dan kualitatif; aspek
pengadaan mencakup proses pengadaannya, rekrutmen, seleksi,
dan mempersiapkan calon kepala sekolah. Sedangkan pe
ngembangan mencakup program pengembangan, metode pengem -
bangan dan aspek-aspek yang dikembangkan.
Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode
deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data yang
dipergunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Data yang dikumpulkan mencakup data pada lima tahun
yang lalu (1981/82 - 1985/86) dalam rangka menganalisis
prospek permasalahan penelitian untuk jangka waktu lima
tahun yang akan datang (1986/87 - 1990/91). Untuk analisis
dan pengolahan data kuantitatif dipergunakan formula-for
mula matematik (mathematical formulas) berdasarkan contohcontoh
yang dikembangkan oleh Unesco, Liu dan Correa dan
disesuaikan dengan kebutuhan data penelitian. Sedangkan
untuk mengolah data kualitatif dianalisis secara' deskrip
tif berdasarkan kriteria dan karakteristik yang dirumuskan
sesuai dengan permasalahan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada keterkaitan
antara kebutuhan kepala sekolah dengan pertumbuhan
jumlah enrolment yang menyebabkan adanya pertambahan
jumlah sekolah, indikator lain yang menyebabkan adanya ke
butuhan kepala sekolah yaitu adanya lowongan jabatan kepala
sekolah karena adanya promosi, pindah tempat, diberhentikan,
mengundurkan diri, meninggal dunia dan pensiun. Kedua, pro
ses pengadaan kepala Sip di Propinsi Daerah Istimewa Aceh
belum baik, dalam rekrutmen, seleksi, dan persiapan calon
kepala sekolah. Pengadaan kepala sekolah secara kuantitatif
dan kualitatif belum terpenuhi sesuai dengan kebutuhan, hanya
9-1 % dari jumlah yang dibutuhkan yang berhasil diadakan
sedangkan kualifikasinya juga tidak terpenuhi baik dari latar
belakang pendidikan maupun pangkat/golongan mereka.
Ketiga, Program pengembangan yang diterapkan dan metode
yang dipergunakan belum memadai dan belum semuanya menca
kup fungsi-fungsi dan tugas-tugas kepala sekolah.
Sesuai dengan permasalahan penelitian dan hasil pe
nelitian ini maka dirasa perlu adanya perbaikan dalam pe -
rencanaan kebutuhan sumber daya manusia khususnya dalam
hal ini kebutuhan kepala sekolah dan perbaikan dalam pro
ses pengadaan dan pengembangan kepala SD Negeri demi efektivitas
pencapaian tujuan sekolah.
Text
T_ADPEND_398_Title.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Abstract.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Table_Of_Content.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Chapter1.pdf Download (894kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Chapter2.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (3MB) |
|
Text
T_ADPEND_398_Chapter3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Chapter4.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (2MB) |
|
Text
T_ADPEND_398_Chapter5.pdf Download (780kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Bibliography.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
T_ADPEND_398_Appendix.pdf Restricted to Staf Perpustakaan Download (2MB) |
No comments:
Post a Comment