Mobil atau kependekan dari
otomobil berasal dari bahasa yunani yaitu autos (yang berarti sendiri), dan
movere (yang berarti bergerak) jadi arti kata dari otomobil adalah “bergerak
sendiri”, dan pada kenyataannya memang lah demikian mobil bisa bergerak sendiri
karena terdapat mesin di dalamnya, awal nya manusia membutuhkan tenaga hewan
untuk bisa membawa muatan yang cukup banyak. Hadirnya mobil pada awalnya
dianggap sebagai sesuatu yang aneh, karena sebuah benda dapat bergerak sendiri
tanpa di gerakan oleh mahluk hidup yang menjadi penyebabnya bergerak.
Mesin Bertenaga Uap
Awalnya mobil menggunakan tenaga
uap sebagai mesin penggerak nya, seiring dengan perkembangan mesin uap yang
mulai digunakan untuk berbagai kebutuhan.
Kendaraan pertama yang bertenaga uap dikembangkan oleh Nicolas-Joseph
Cugnot, pada tahun 1769. Kendaraan uap terebut merupakan kendaraan roda tiga
yang bertenaga uap, penemuan ini kurang mendapat perhatian masyarakat Prancis
tempat dimana Cugnot berada. Perkembangan selanjutnya justru terjadi di
Britania (Inggris) dimana Richard Trevithcik berhasil menciptakan gerobak uap
pada tahun 1801.
Gerobak Uap Richard
Trevithcik
Saat kecil, Trevithick
mendapatkan nilai buruk di sekolah. Namun di masa tuanya ia menjadi pelopor
transportasi darat berbahan-bakar uap, termasuk mobil dan kereta. Kontribusi
terbesarnya adalah mesin-uap bertekanan tinggi pertama di dunia. Ia juga merupakan
orang pertama yang membangun sistem lokomotif uap. Lokomotif ini pertama kali
dioperasikan pada 21 Februari 1804 dari Penydarren Ironworks, di Merthyr
Tydfil, Wales. Dan akhirnya mobil dengan tenaga uap mengalami perkembangan
lebih pesat lagi ketika diteruskan lagi di Brimingham, Inggris
oleh Lunar Society.
Variasi Bahan Bakar
Pada era 1880 –a n setiap mobil
berlomba-lomba untuk meningkatkan kesempurnaan msein yang dimiliki nya dengan
berbagai macam bahan bakar, diantaranya ada yang menggunakan uap, bensin,
listrik dan juga etanol, sungguh mengejutkan ternyata sejak jaman dahulu kala
etanol dan listrik telah digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan.
Persaingan ini berlangsung selama
beberapa dekade, seiring dengan penemuan-penemuan lain yang melengkapi
peralatan dalam sebuah mobil seperti rem cakram dan setir, dan mulai era tahun
1910 an, kendaraaan yang menggunakan mesin yang berbahan bakar bensin mulai
mendominasi. Karena dianggap lebih efisien dan mudah dibandingkan dengan
kendaraan dengan bahan bakar yang lain.
Era Mobil berbahan bakar Bensin dan Diesel
Mobil berbahan bakar bensin awal
nya dikembangkan oleh Karl Benz pada tahun 1886, dan juga oleh Gottlieb Daimler,
keduanya berasal dari Jerman, Benz adalah seorang insinyur jerman dan anak
seorang masinis, Benz dan Daimler kemudian bergabung dan membentuk perusahaan
Daimler-Benz pada tahun 1926 dan kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz.
Gambar Replika mobil
yang dibuat oleh Karl Benz (sumber: id.wikipedia.org)
Produksi Mobil dengan Skala Besar
Produksi mobil pada skala besar
dilakukan oleh Oldsmobile, yang didirikan oleh Ransoms E. Olds, pada tahun
1897, Oldsmobile adalah merek mobil tertua di Amerika Serikta, dan merupakan
salah satu yang tertua di dunia setelah Daimler, dan Peugeot. Produksi mobil pun dikembangkan secara
besar-besar an oleh Henry Ford pada tahun 1910 an, seiring dengan itu
penyempurnaan perlengkapan yang ada di kendaraan pun berkembang dengan cukup
pesat, antara lain adalah dengan ditemukannya penyelaan elektronik atau yang
kemudian berkembang menjadi self starter electronik, ditemukan oleh Charles
Kettering, untuk perushaan mobil Cadilac pada tahun 1910-1911, selanjutnya
kemudian berkembang suspensi independen, dan rem untuk ke empat ban mobil.
Ford Model T, salah satu mobil pertama yang harga nya
terjangkau konsumen (sumber: id.wikipedia.org)
Pada tahun 1930 an kebanyakan
teknologi permobilan telah diciptakan, dan pada tahun itu pula jumlah produsen
mobil berkurang dengan dratis seiring dengan bergabungnya produsen-produsen
mobil itu kedalam satu merk. Setelah tahun
1960 tidak banyak lagi muncul produsen-produsen yang membuat mobil dengan merk
baru dan cenderung stagnan hingga saat ini.
No comments:
Post a Comment