Jalan
rel yang biasa di sebut dengan jalur gerobak telah di gunakan di Jerman pada
awal tahun 1550, jalan rel primitif ini terbuat dari kayu, dimana kuda dapat menarik
gerbong nya lebih cepat di bandingkan dengan jalan yang beralaskan tanah, jalan
rel untuk gerobak merupakan permulaan awal dari penggunaan jalan rel modern.
Pada
tahun 1776 besi mulai menggantikan penggunaan kayu pada rel dan roda gerobak, jalur
gerobak berevolusi menjadi jalur tram (trem), dan menyebar di seluruh daratan
eropa. Kuda masih merupakan penggerak utama dari jenis kendaraan ini. Pada
tahun 1789 William Jessup, seorang yang berkebangsaan Inggris mendesign roda
bergelang seperti yang digunakan pada kereta masa kini, roda yang
bergelang memungkin kan roda untuk mengcengkram rel lebih baik, ini merupakan
design yang nanti nya dibawa dalam pembuatan desain lokomotif.
Penemuan dari
mesin uap merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi penemuan jalan
rel modern dan kereta api. Pada tahun 1803 seorang yang bernama Samuel
Homfray, memutuskan untuk membiayai pengembangan dari kendaraan bertenaga uap
untuk menggantikan penggunaan kuda pada jalur tram.
Mesin
uap
Richard Trevitchik (1722-1833) membangun kendaraan tersebut, lokomotif bertenaga uap pertama yang digunakan pada jalur tram, pada tanggal 22 februari 1804 lokomotif mengangkut 10 ton besi, 70 orang dan 5 gerbong ekstra, perjalanan sejauh 9 miles antara bengkel besi di Pen-y-Darron, di kota Merthyr Tydfil, Wales menuju sebuah bukit yang bernama Abercynnon, perjalanan tersebut menempuh sekitar 2 jam perjalanan.
Lokomotif
Trevitchik
Pada
tahun 1821 seorang berkebangsaan Inggris yaitu Julius Griffiths menjadi orang
pertama yang mempatenkan jalur lokomotif untuk penumpang. Pada tahun 1825
The Stockton & Darlington Railroad Company, memulai penggunaan jalur kereta
api untuk pengangkutan barang dan penumpang dengan menggunakan jadwal reguler,
menggunakan lokomotif yang di design oleh seorang penemu Inggris bernama George
Stephenson. Lokomotif George Stephenson menarik enam gerbong yang bermuatan
batubara, dan 21 gerbong sejauh 9 miles, dan memakan waktu sekitar satu jam.
The
Locomotion
George
Stephenson dianggap sebagai penemu dari mesin lokomotif uap pertama yang
menggunakan jalur kereta api, sementara Richard Trevitchik di sebut sebagai
penemu lokomotif jalur tram yang pertama, karena lokomotif jalur tram, di
design untuk di gunakan di jalan raya, bukan di jalur kertea api. Stephenson
merupakan seorang yang tumguh dalam kemiskinan dan hanya mendapatkan pendidikan
formal yang sebentar, dia bekerja di penambang batu bara, yang memiliki hobi
membaca dan menulis.
Pada tahun 1812 dia menjadi teknisi pembuat mesin batubara, dan pada tahun 1814 dia mulai membuat lokomotif untuk The Stockton & Darlington Railway, Stephenson disewa sebagai insinyur perusahaan dan dalam waktu yang singkat berhasil meyakinkan pemilik perusahaan untuk menggunakan jenis mesin bertenaga uap dan membangun jalur lokomotif yang dikenal dengan The Locomotion. Pada tahun 1825 Stephenson pindah ke Liverpool and Manchester Railway, bersama dengan anak nya Robert membangun The Rocket pada tahun 1826-1829.
Pada tahun 1812 dia menjadi teknisi pembuat mesin batubara, dan pada tahun 1814 dia mulai membuat lokomotif untuk The Stockton & Darlington Railway, Stephenson disewa sebagai insinyur perusahaan dan dalam waktu yang singkat berhasil meyakinkan pemilik perusahaan untuk menggunakan jenis mesin bertenaga uap dan membangun jalur lokomotif yang dikenal dengan The Locomotion. Pada tahun 1825 Stephenson pindah ke Liverpool and Manchester Railway, bersama dengan anak nya Robert membangun The Rocket pada tahun 1826-1829.
The
Rocket
Pada tahun 1831
Robert Stevens, anak dari Colonel John Stevens yang merupakan bapak kereta api
Amerika mengunjungi Inggris dan mulai merakit kereta yang disebut dengan The
Jonh Bull untuk Camden & Amboy Railroad di New Jersey, yang dibangun oleh
mekanik Isaac Dripps, dimana dia tidak pernah melihat mesin uap sebelum nya,
dan di bangun tanpa manual perakitan, dia merupakan mekanik yang pertama kali melengkapi
kereta api dengan dengan bell, lampu dan peluit penangkap sapi
The John Bull
No comments:
Post a Comment