Tuesday 8 September 2015

PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI



Peralatan teknologi informasi adalah peralatan yang biasa digunakan untuk mengolah dan menyajikan informasi,  peralatan ini pada dasarnya peralatan teknologi informasi ini meliputi tiga perangkat utama yaitu :
1.       Komputer
2.       Jaringan Sistem Komunikasi
3.       Net Tools
Penggunaan peralatan teknologi informasi memungkinkan kita untuk dapat mengakses atau pun mengolah sumber informasi dengan cepat dan akurat, selain itu akses ke sumber informasi mungkin tidak di dapat hanya dari satu sumber saja.  Adanya jaringan sistem komunikasi, memungkinkan interaksi antara satu perangkat dengan perangkat yang lain bisa di lakukan meskipun terpaut jarak yang cukup jauh, akan tetapi penggunaan protokol-protokol dalam komunikasi di perlukan untuk menyepakati metode yang akan ditempuh dalam hal bekomunikasi, tujuannya adalah supaya interaksi bisa berlangsung efektif dan berkesinambungan.

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak,  atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras[1].
Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi real time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.
Sangat susah untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol memiliki banyak variasi di dalam tujuan penggunaanya. Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut:
  • Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
  • Melakukan metode "jabat-tangan handshaking
  • Negosiasi berbagai macam karakteristik hubungan.
  • Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan.
  • Bagaimana format pesan yang digunakan.
  • Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
  • Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya
  • Mengakhiri suatu koneksi.
Contoh dari protokol yang biasa dipergunakan adalah TCP/IP dan HTTP,  TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data. TCP/IP berkomunikasi dengan mengisikan alamat yang biasa di sebut dengan IP Address atau alamat IP.  Sedangkan HTTP adalah HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protocol pada layer aplikasi baik TCP/IP maupun OSI yang digunakan untuk mengakses web pages dari suatu website. Secara spesifik dalam penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut hiperteks, yang kemudian membentuk WWW (Word Wide Web).

Gambar cara kerja protokol HTTP

Komputer
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis"Sistem Operasi.  Namun seiring waktu dan perkembangannya istilah komputer mengacu pada mesin yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah di tentukan, komputer adalah serangkaian alat elektronik yang satu sama lain saling bekerja sama secara terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima input (perintah) lalu mengolah proses tersebut, dah menghasilkan informasi sebagai output nya.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk print out.
Menurut sejarah nya komputer hingga saat ini memiliki lima generasi
·         Generasi pertama
Komputer berkembang pada saat terjadi nya perang dunia kedua, negara-negara yang terlibat mencoba untuk menggali potensi lebih banyak dari komputer,  Konrad Zuse,  pada tahun 1943 seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, yang diberi nama Z3, dan digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Ada nya tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, menjadi  ciri khas komputer generasi pertama
Tambung hampa udara ini memiliki kelemahan yaitu mudah panas dan meledak, oleh karena nya perlu dibuatkan sistem pendingin agar panas bisa dikurangi, dan komputer dapat tetap bekerja dengan baik.
Sementara itu di Amerika Serikat berkembang komputer dengan nama MARK I yang merupakan singkatan dari The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, MARK I merupakan komputer relai elektronik, yang memiliki ukuran panjang setengah lapangan sepak bola, dan kabel sepanjang 500 mil.


Gambar Komputer MARK I 
(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Harvard_Mark_I_Computer_-_Right_Segment.JPG)

Pada tahun 1946 ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) selesai di buat, dan merupakan komputer elektronik dunia yang pertama. ENIAC dibuat oleh Pemerintah Amerika Serikat , bekerja sama dengan University of Pennsylvania, dan terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, serta 5 juta titik solder. Komputer tersebut merupakan komputer yang sangat besar, dan memerlukan konsumsi listrik  sebesar 160 kW(killo watt). Komputer generasi pertama memiliki karakteristik instruksi operasi dibuat secara spesifik, untuk suatu tugas tertentu.

·         Generasi kedua
Komputer generasi kedua diawali dengan penemuan transistor,  transistor menggantikan tabung hampa udara (tube vakum), yang mengakibatkan ukuran-ukuran komponen berkurang secara drastis,  transistor ini ditemukan pada tahun 1948.  Penggunaan transistor pada komputer baru dilakukan pada tahun 1956, penemuan lain berupa pengembangan memori inti-magnetik, membuat komputer generasi kedua lebih cepat, irit, dan berukuran jauh lebih kecil di bandingkan dengan komputer generasi pertama.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. komputer generasi kedua banyak digunakandiberbagi  di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer


Gambar  IBM 7090  (sumber :  http://www.columbia.edu)

·         Generasi ketiga
Integrated circuit (IC)merupakan gabungan dari ribuan transistor, dalam satu bentuk yang amat kecil, komputer generasi ketiga ini mulai menggunakan IC sebagai salah satu komponen pengganti transistor, dan hasilnya ukuran komputer pun menjadi lebih kecil di bandingkan dengan komputer generasi kedua.
IC dikembangkan oleh Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
Pada komputer generasi ketiga ini mulai digunakan sistem operasi, yang memungkinkan komputer untuk menjalankan program yang berbeda secara serentak, dengan sebuah program utama yang mengatur fungsi memory komputer.
·         Generasi keempat
Komputer generasi keempat meiliki microprocessor, yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal dan Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004, Chip Intel 4004 kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Perkembangan tersebut memungkinkan komputer dapat dimiliki oleh perorangan dan tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar.  Komputer mini untuk kalangan biasa ini dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.

Gambar Steve Wozniak dan Steve Jobs memperlihatkan Apple I
Contoh komputer generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer, dan IBM yang memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. IBM PC bersaing ketat dengan Apple yang mengandalkan Macintosh nya,  dimana komputer dapat dioperasikan secara grafis, dan mulai digunakannya mouse pada perangkat komputer, semetara IBM PC masih mengandalakan sistem operasi berbasis text nya yang bekerja sama dengan Microsoft yang diberi nama DOS. Mouse ini ditemukan oleh para insinyur Xerox yang kemudian diintergrasikan pada komputer Apple Macintosh.

Gambar Komputer Macintosh dengan mouse dan tampilan grafis nya
Microsoft memperkenalkan sistem operasi berbasis grafis yang bernama windows, yang merupakan pengembangan dari Apple Macintosh, yang kemudian berkembang jauh lebih besar dibandingkan Apple, karena dapat di install pada sembarang komputer, berbeda pada Mac yang pada waktu itu hanya bisa di install pada komputer yang dikeluarkan oleh Apple.
Pada masa ini karena jumlah komputer berkembang dengan sangat pesat, mulai digunakan jaringan-jaringan komputer, dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
·         Generasi kelima
Komputer generasi kelima adalah desain komputer yang memiliki kecerdasan buatan (artificial intelligence),    walau pun mungkin untuk mewujudkan nya masih membutuhkan banyak waktu, meskipun demikian beberapa fungsi nya telah berhasil dibuat, antara lain komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Digunakannya teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.


Hardware
Hardware atau biasa disebut juga dengan perangkat keras, adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik.  Hardware dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu: 
  • Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
  • Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.
  • Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
Berikut adalah beberapa contoh dari hardware :
·         Keyboard
Keyboard adalah perangkat keras input (masukan )pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah mengalami banyak penyesuaian.
·         Mouse
Mouse atau tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Mouse merupakan perangkat keras input pada komputer selain keyboard . Mouse dipopulerkan oleh Apple komputer dengan komputer Machintos nya. 
Berikut adalah beberapa fungsi mouse :
1.       Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan posisi kursor di layar monitor, kemudian dengan memijit tombol memberikan perintah eksekusi atau pun proses editing pada program yang dipilih.
2.       Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser, klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah
3.       Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse
4.       Digunakan untuk memperbesar atau pun memperkecil lembar kerja
5.       Pada inti nya mouse mempermudah kerja komputer,  karena mouse dapat digunakan pada komputer yang memiliki tampilan grafis, dibandingkan dengan komputer yang berbasis teks

·         Scanner
Kata lain dari scanner adalah pemindai dari kata pindai. Yang mana pindai adalah melihat dengan teliti dan seksama, dan pemindai adalah alat yang dapat membaca data dengan teliti dan seksama, untuk kemudian dimasukan kedalam komputer untuk dapat diproses menjadi bentuk data lain baik itu berupa teks maupun grafis.
·         CPU (Central Processing Unit)
Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi, yang merupakan  rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan menyimpan data sementara,  instruksi dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. Secara sederhana CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya.
·         Harddisk
HDD atau yang biasa disebut dengan hardisk  berfungsi sebagai media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system itu sendiri seperti windows, linux, macintosh.
·         CD-ROM
CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemukan pada CR RW drive
·         Monitor
Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan baik itu teks maupun grafis pada komputer, yang ditujukan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya.
·         Printer
Printer adalah perangkat keras output (keluaran)  dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya.

Software
Software merupakan sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus, yang memberi perintah kepada komputer untuk melakukan instruksi pengoperasian/pemrosesan terhadap data yang dimasukan oleh pengguna komputer. Dengan kata lain software merukan ‘jiwa’ sedangkan hardware berfungsi sebagai ‘tubuh’ dalam sebuah komputer [2]

Jaringan  Komunikasi
Jaringan komunikasi adalah serangkaian inter koneksi antara teknologi yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, dimana data dan informasi dikodekan dari suatu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik, kabel serat optik (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals). Jaringan ini nantinya dapat menghubungkan antar individu di seluruh dunia, sehingga bisa saling berkomunikasi. Berikut ini adalah beberapa contoh nya:
·         Telephone
Telephone merupakan alat komunikasi yang paling umum digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, telephone memungkinkan dua atau lebih individu bercakap-cakap tanpa mengenal batas jarak, meskipun akhir-akhir ini teknologi selular, dan internet banyak menggantikan peran telephone. teknologi seluler dan internet memungkinkan seseorang berkomunikasi secara audio dan visual.
·         ISDN
Integrated Service Digital Network (ISDN) biasa diartikan dengan Jaringan Digital Pelayanan Terpadu (JDPT), ISDN dikembangkan dari jaringan telephone dengan mengusahakan agar tidak dilakukan perubahan secara mendasar pada perangkat teknologi telephone, karena pada dasarnya teknologi digital telah digunakan pada bagian transmisi dan switching nya. ISDN memungkinkan jaringan telephone untuk tidak hanya memproses suara, tapi juga mampu menangani transmisi data berupa gambar, video, teks, faksimile dan sebagainya.
·         Faksimile
Faksimile atau biasa disingkat dengan faks, berasal dari kata ‘fac simile’ yang berarti membuat salinan yang sama dengan aslinya, secara fungsi Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.
·         Fiber Optic
Fiber Optic atau biasa disebut dengan serat optic adalah saluran transmisi berupa kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, yang biasa digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain, dengan kata lain media transmisi ini tidak menggunakan kawat tembaga, akan tetapi menggunakan cahaya sebagai  penghantarnya, Fiber Optic memiliki jalur bandwidth yang lebar, sehingga kemampuan mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat.
Fiber optik terdiri dari beberapa bagian yaitu Cladding, Core, dan Buffer Coating. Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik dan menjadi tempat berjalannya cahaya sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding adalah lapisan luar yang membungkus Core dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar kembali ke dalam Core. Sedangkan Buffer Coating merupakan lapisan plastik yang melindungi serat dari kerusakan dan kelembaban.


Gambar  Kabel Fiber Optic
·         Leased line
Leased line merupakan jaringan telephone tetap (permanen) antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi public. Leased line digunakan ketika kebutuhan komunikasi data memiliki jarak yang cukup jauh, akan tetapi komunikasi harus dilakukan secara terus-menerus. Leased line tidak menggunakan nomor telephone, meski pun bisa digunakan untuk layanan telephone, internet dan data. Meskipun jaringan ini memiliki privasi yang sangat tinggi, akan tetapi memerlukan biasa yang cukup mahal ketika akan menggunakannya

·         Wireless
Jaringan komunikasi nirkabel adalah jaringan komunikasi yang memungkinkan terjadinya proses transmisi data, tanpa menggunakan kabel sebagai media nya. Jaringan ini menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Contoh media transmisi tanpa kabel, antara lain: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.




·         Antena, TV, dan Radio
Antena adalah seutas kawat logam atau kabel yang di bentangkan sedemikian rupa dan dapat menyerap listrik induksi dari gelombang elektromagnet yang dipancarkan oleh stasiun pemancar (misalnya stasiun televisi).
Televisi dan radio adalah dua perangkat yang biasa menggunakan antena sebagai media transmisi nya


Net Tools
Dalam jaringan komputer, komunikasi antar komputer terjadi pada saat salah satu komputer mengirim data atau file kepada komputer lainnya, beberapa alat diperlukan untuk dapat melakukan komunikasi dalan jaringan yang lebih luas, alat komunikasi jaringan ini biasa disebut dengan Net Tools, awal nya peralatan ini hanya digunakan oleh kalangan terbatas saja, seiring dengan perkembangan internet, maka pengunaannya telah  merambah bahkan hingga masyarakat awam. berikut adalah beberapa contoh nya
·         Komputer Server
Komputer server adalah komputer yang berfungsi menyediakan layanan dalam jaringan. Komputer ini bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, penyedia aplikasi, tempat penyimpanan file terpusat, serta mengatur jalur informasi dalam jaringan.  Komputer yang biasa digunakan sebagai server biasa nya memiliki spesifikasi khusus yang berbeda dengan komputer yang biasa digunakan



Gambar Komputer Server

·         Client
Client adalah sebuah personal computer  atau biasa disingkat dengan PC, yang biasa digunakan untuk meminta layanan yang disediakan oleh server
·         Router
Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan atau network, baik jaringan yang menggunakan teknologi sama atau yang berbeda. Router mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada layer 3 yaitu layer network (jaringan).
·         Modem
Merupakan singkatan dari Modulator/Demodulator,  dan berfungsi mengkonvesi sinyal digital menjadi analog, dan sebaliknya.  Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Secara sederhana nya modem adalah alat yang biasa digunakan oleh pengguna, jika ingin komputer nya menggunakan layanan internet.


[1] Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Protokol_(komputer)
[2]  Wawan setiawan : hlm 40, Pengantar Teknologi Informasi, penerbit UPI tahun 2009

No comments:

Post a Comment