Friday 18 September 2015

Sejarah Penemuan Mobil



Mobil atau kependekan dari otomobil berasal dari bahasa yunani yaitu autos (yang berarti sendiri), dan movere (yang berarti bergerak) jadi arti kata dari otomobil adalah “bergerak sendiri”, dan pada kenyataannya memang lah demikian mobil bisa bergerak sendiri karena terdapat mesin di dalamnya, awal nya manusia membutuhkan tenaga hewan untuk bisa membawa muatan yang cukup banyak. Hadirnya mobil pada awalnya dianggap sebagai sesuatu yang aneh, karena sebuah benda dapat bergerak sendiri tanpa di gerakan oleh mahluk hidup yang menjadi penyebabnya bergerak.



Mesin Bertenaga Uap
Awalnya mobil menggunakan tenaga uap sebagai mesin penggerak nya, seiring dengan perkembangan mesin uap yang mulai digunakan untuk berbagai kebutuhan.  Kendaraan pertama yang bertenaga uap dikembangkan oleh Nicolas-Joseph Cugnot, pada tahun 1769. Kendaraan uap terebut merupakan kendaraan roda tiga yang bertenaga uap, penemuan ini kurang mendapat perhatian masyarakat Prancis tempat dimana Cugnot berada. Perkembangan selanjutnya justru terjadi di Britania (Inggris) dimana Richard Trevithcik berhasil menciptakan gerobak uap pada tahun 1801.
 

Gerobak Uap Richard Trevithcik


Saat kecil, Trevithick mendapatkan nilai buruk di sekolah. Namun di masa tuanya ia menjadi pelopor transportasi darat berbahan-bakar uap, termasuk mobil dan kereta. Kontribusi terbesarnya adalah mesin-uap bertekanan tinggi pertama di dunia. Ia juga merupakan orang pertama yang membangun sistem lokomotif uap. Lokomotif ini pertama kali dioperasikan pada 21 Februari 1804 dari Penydarren Ironworks, di Merthyr Tydfil, Wales. Dan akhirnya mobil dengan tenaga uap mengalami perkembangan lebih pesat lagi ketika diteruskan lagi di Brimingham, Inggris oleh Lunar Society.

Variasi Bahan Bakar
Pada era 1880 –a n setiap mobil berlomba-lomba untuk meningkatkan kesempurnaan msein yang dimiliki nya dengan berbagai macam bahan bakar, diantaranya ada yang menggunakan uap, bensin, listrik dan juga etanol, sungguh mengejutkan ternyata sejak jaman dahulu kala etanol dan listrik telah digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan. 

Persaingan ini berlangsung selama beberapa dekade, seiring dengan penemuan-penemuan lain yang melengkapi peralatan dalam sebuah mobil seperti rem cakram dan setir, dan mulai era tahun 1910 an, kendaraaan yang menggunakan mesin yang berbahan bakar bensin mulai mendominasi. Karena dianggap lebih efisien dan mudah dibandingkan dengan kendaraan dengan bahan bakar yang lain.

Era Mobil berbahan bakar Bensin dan Diesel
Mobil berbahan bakar bensin awal nya dikembangkan oleh Karl Benz pada tahun 1886, dan juga oleh Gottlieb Daimler, keduanya berasal dari Jerman, Benz adalah seorang insinyur jerman dan anak seorang masinis, Benz dan Daimler kemudian bergabung dan membentuk perusahaan Daimler-Benz pada tahun 1926 dan kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz.






Gambar Replika mobil yang dibuat oleh Karl Benz (sumber: id.wikipedia.org)

Produksi Mobil dengan Skala Besar

Produksi mobil pada skala besar dilakukan oleh Oldsmobile, yang didirikan oleh Ransoms E. Olds, pada tahun 1897, Oldsmobile adalah merek mobil tertua di Amerika Serikta, dan merupakan salah satu yang tertua di dunia setelah Daimler, dan Peugeot.  Produksi mobil pun dikembangkan secara besar-besar an oleh Henry Ford pada tahun 1910 an, seiring dengan itu penyempurnaan perlengkapan yang ada di kendaraan pun berkembang dengan cukup pesat, antara lain adalah dengan ditemukannya penyelaan elektronik atau yang kemudian berkembang menjadi self starter electronik, ditemukan oleh Charles Kettering, untuk perushaan mobil Cadilac pada tahun 1910-1911, selanjutnya kemudian berkembang suspensi independen, dan rem untuk ke empat ban mobil.


Ford Model T,  salah satu mobil pertama yang harga nya terjangkau konsumen (sumber: id.wikipedia.org)

Pada tahun 1930 an kebanyakan teknologi permobilan telah diciptakan, dan pada tahun itu pula jumlah produsen mobil berkurang dengan dratis seiring dengan bergabungnya produsen-produsen mobil itu kedalam satu merk.  Setelah tahun 1960 tidak banyak lagi muncul produsen-produsen yang membuat mobil dengan merk baru dan cenderung stagnan hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment